Tidak Tinggal Diam, SMPN 1 Banyuputih Terus Berbenah Dan Mengukir Prestasi

Tidak Tinggal Diam, SMPN 1 Banyuputih Terus Berbenah Dan Mengukir Prestasi

 BATANG -   SMP Negeri 1 Banyuputih Kabupaten Batang merupakan Sekolah yang memiliki karakteristik khusus, karena Peserta Didiknya hanya berasal dari satu desa yaitu Desa Kedawung.

Namun dengan berjalannya waktu sejak tahun 2019 SMPN 1 Banyuputih, telah mengukir sejarah baru. Tahun 2019 Sugiarto, S.Pd., M.Si., mulai menjabat sebagai Kepala Sekolah baru, pada awal kepemimpinannya, SMPN 1 Banyuputih meraih beberapa prestasi antara lain:

1. Juara I Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Batang atas nama Ely Endriyani, S.Si.

2. Meraih Juara II MAPSI Tingkat Kabupaten Batang Cabang Khitobah Putra atas nama Ahmad Karnoto.

3. Juara II Jamran Putra dan Putri. Pada PPDB Tahun 2020 mampu meningkatkan jumlah Peserta Didik, dan 4 tahun 2021 menambah satu Rombongan Belajar, karena animo masyarakat untuk menyekolahkan Putranya cukup tinggi, bahkan ada Peserta Didik yang berasal dari Desa Ketanggan Gringsing dan dari Kemiri Timur Subah (Red. Desa Tetangga).

4. Membuat Laboratorium Komputer, memasang jaringan Wifi, dan mendapat bantuan Chromebook dari Direktorat Dikdas Kemdikbud.

5. Menata lingkungan Sekolah dan menerapkan budaya bersih.

6. Tahun 2020 meraih Juara ke IV lomba KSN Mapel IPS dan IPA.

Dan Woow.. Tahun 2021 mampu meraih Juara I KSN Tingkat Kabupaten Batang dan akan melaju menuju ke tingkat Provinsi,

Peserta KSN IPS Wiji Wiluajeng dan Peserta IPA adalah Rizma Aulia Nafi’ah dibawah Pembimbing Mapel IPS Ely Endriyani, S.Si., dan Pembimbing Mapel IPA Oktaviani Putri Sukmagati. “Senang bisa mendapat Juara satu lomba ini, ” tutur Wiji dan Rizma yang bersekolah di SMP Negeri 1 Banyuputih.

Kepsek SMP Negeri 1 Banyuputih Sugiarto, S.Pd, M.Si., “Sekolah bangga dan senang dengan keberhasilan tersebut, pihak Sekolah mendorong seluruh siswa untuk berkarya sesuai bakat masing-masing siswa, untuk mengharumkan nama Sekolah, ” pesan Sugiarto. “Selalu berpesan kepada Guru dan Siswa agar terus semangat dan jangan merasa terhambat dengan kondisi saat ini, tetapi harus tetap mampu menunjukan bahwa pandemi bukan penghalang untuk terus memacu diri meraih prestasi, ” ungkap Sugiarto.

Dukungan dari Guru Pembina dan Sekolah maupun pihak lain yang akan mampu membuat prestasi ini terdengar gaungnya”. Sekali lagi Selamat kepada Wiji Wiluajeng dan Rizma Aulia Nafi’ah yang sudah mengharumkan nama Sekolah SMP Negeri 1 Banyuputih.

Kepala SMPN 1 Banyuputih Sugiarto, S.Pd, M.Si., adalah mantan Fasilitator Mapel IPS SMP USAID Prioritas yang berpenampilan sederhana dan bersahaja, namun selalu berupaya keras untuk melakukan perubahan paradigma dalam managerial kepemimpinannya, sehingga dengan keuletan dan perjuangannya akhirnya mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan Putra Putrinya ke SMPN 1 Banyuputih yang berada dibalik Hutan Jati dan dikelilingi Perkebunan Karet yang asri.

Semua hasil yang diperoleh tidak lepas dari soliditas kerja Tim Sekolah dan dukungan Komite Sekolah, serta arahan dan motivasi oleh Pengawas binaan.

Edi Purwanto

Edi Purwanto

Previous Article

15 Bintara Remaja Ikuti Tradisi Pembaretan

Next Article

Operasi Patuh Candi 2021, Wakapolres Pekalongan...

Related Posts